Tuesday, June 21, 2016

keep moving even when there are no directions


aku mau sedikit cerita,

Diana Krall - Under My Skin


aku sangat terinspirasi dari perbincangan itu beberapa bulan yang lalu bersama beberapa relasi. dia bukan teman akrab, kita hanya kenal lewat sebuah acara dimana saat itu saya harus mencari brand fashion pria yang masih aktif. kebetulan owner label fashion ini adalah kakaknya temenku sendiri. saat pertama kali ketemu, brand yang dia punya masih sangat baru dan masih tahap merintis. belum banyak yang tau namanya.

dari pertama saya melihat koleksinya, hati saya langsung berkata, 'bajunya keren. suatu saat pasti bakal sukses'. dan boom! 4 tahun kemudian setelah pertemuan pertama (dan aku pikir akan menjadi yang terakhir), ternyata sekarang brand itu sudah menjadi salah satu brand fashion pria terbesar yang sudah dikenal banyak orang dengan omset yang ga usah ditanya lagi besar kecilnya (pastinya besar). 

dia bercerita bagaimana jatuh bangunnya berbisnis, ditipu, terlilit hutang di bank dan investor, gak laku, dan merugi karna gak balik modal, but they overcome those obstacles. satu kata, kagum.

dari perbincangan malam itu yang aku tangkap adalah, sekecil apapun bentuk usaha yang kamu rintis, tetaplah perlu di maintain dengan baik supaya bisa 'langgeng', konsisten dan tumbuh menjadi lebih baik. dan yang paling utama adalah fokus. itu yang aku pelajari dan sebisa mungkin aku tanam dalam-dalam di kepalaku.

ini semua tentang proses. bagaimana kita melaluinya, seberapa besar dedikasi yang kita berikan dan seberapa sigap kita untuk bangun saat terjatuh dan kembali berjalan, belajar dari kesalahan yang lalu. dalam berbisnis aku juga percaya, bahwa semua gak melulu tentang 'strategi' tapi juga kualitas diri.

kualitas dalam bagaimana attitude kita dalam menghadapi perbedaan, persaingan, dan lain-lain. bagaimana kita bisa betul-betul bercermin lewat tindakan yang kita lakuin ke orang lain. bagaimana kita menjadi orang yang jujur, being true to ourselves. ya, pokoknya hal-hal seperti itu juga ada andil dalam kesuksesan kita.

alhamdulillah, dapet banyak input dari orang-orang yang baik yang mau share pengalaman. semoga suatu saat aku juga bisa menularkan banyak kebaikan dan inspirasi ke orang-orang disekitarku. amin :) selamat siap-siap berbuka puasa ya semua!

Love,
Cikita Siregar



No comments:

Post a Comment