Tuesday, January 8, 2019

Wellness: Skincare Journal 2019: Produk Skincare Lokal Dan Produk Skincare Organik

source:pexels.com

Di penghujung tahun 2018 aku menyempatkan diri menyusun beberapa rencana sederhanaku di tahun 2019 salah satunya rencana untuk memulai rutinitas perawatan wajah. Alasannya karena di tahun ini insyaAllah sebentar lagi aku akan menghadapi persalinan anak kedua. Belajar dari pengalaman anak pertama, pasca melahirkan itu seperti kejadian luar biasa buat fisik dan kesehatanku. Maksudnya, aku bakal kehilangan banyak jam tidur dan pola makanku mulai ga teratur. Dari sinilah masalah lain muncul beberapa diantaranya kantung mata, lingkar hitam, wajah kusam dan berjerawat di semua zona; jidat, pipi kanan kiri, dagu dan hidung.

Pengalamanku agak aneh. Disaat kebanyakan ibu hamil mengeluhkan kulit wajahnya yang berubah drastis jadi lebih jelek saat hamil. Aku malah bahagia karna setiap hamil wajahku mulus, cerah, sampai waktu itu orang-orang selalu menebak anakku pasti perempuan karna wajahku terlihat bersih dan cerah padahal aku hamil bayi laki-laki waktu itu. 😁

Apa setelah melahirkan kulitku tetap cantik?

Tentu tidak! 😥 Ya, kembali ke kulitku yang dulu; berminyak, kusam, jerawatan. Itu sebabnya aku harus mencegah hal-hal jelek itu terjadi kembali dengan memulai rutinitas perawatan wajah sesegera mungkin.

Sebelum memilih produk skincare aku pernah konsultasi ke temenku yang selalu merawat wajah dengan produk umum (bukan produk dokter). Dia ga suka make up jadi sangat concern dengan kecantikan kulitnya. Terbukti memang wajah dia lebih glowing dan bersih. Dia rekomendasi produk-produk high-end yang bagiku harganya juga selangit walau begitu aku tetep tergoda untuk beli produk itu semua.

Waktu itu aku betul-betul ada diposisi tinggal selangkah untuk beli tapi galau. Pertama, itu bakal jadi pengeluaran terbesar dalam sejarah hidupku hanya untuk beli beberapa produk skincare. Kedua, aku meragukan kemampuanku untuk konsisten pakai produk high-end itu. Maksudnya gini, kalo hari ini kulit wajahku yang masih virgin dari produk skincare langsung aku pakein high-end product dan dia cocok tapi aku ga bisa repurchase dengan alasan bokek, ya rugi dong kalo aku harus downgrade. Kasian kukitku nutrisinya jadi njomplang. Ketiga, ini ketakutan semua orang pasti. Kalo udah beli mahal-mahal tau-tau ga cocok gimana? haha. 😢 makanya aku kepikiran kenapa sih gak mulai dulu dari yang affordable dan coba produk lokal. pernah baca slogan produk skincare lokal kira-kira gini, "Tropical Skin Expert". aku jadi mikir, kita kan orang Indonesia, kita tinggal di negara yang cuma punya panas dan hujan. mungkin gak sih produk kecantikan dari negara 4 musim cocok untuk kita?

source: pexels.com

Dari sini aku mulai mau coba percaya kalo produsen skincare lokal pasti menyesuaikan formulanya dengan kebutuhan orang Indonesia. harganya yang lebih murah dari produk luar negeri pun bukan berarti produk itu murahan. karena produk-produk tersebut dibikin di Indonesia, oleh tenaga kerja lokal, dengan bahan baku lokal juga.

Singkat cerita, aku beli perawatan lengkap dari berbagai macam brand skincare asli Indonesia. sebagian adalah brand baru dan mengklaim kalau mereka produk organik dan sebagian lagi brand yang sudah legend di Indonesia. aku beli jenis-jenis skincare berdasarkan urutan 10 langkah perawatan wajahnya orang Korea. sempet dapet input juga dari temen kalau mungkin rangkaian itu belom tentu cocok atau dibutuhin oleh kulit Indonesia. bener juga sih. tapi aku mikirnya, aku kan ibu rumah tangga yang sama sekali ga pernah merawat wajah jadi kayanya akan lebih baik kalau aku memulai perawatan lengkap di awal baru nanti setelahnya aku bisa kurangi produk-produk atau langkah-langkah yang aku anggap udah gak relevan lagi.

Nah, untuk review produknya akan aku update di link ini ya... stay tune! :)

Love,
Cikita

No comments:

Post a Comment